Jumat, 31 Januari 2014

Cara melatih anak menulis dengan rapi sedari dini

Tulisan anak yang rapi akan sangat membanggakan orangtuanya, bgitu juga guru di sekolah juga akan merasa senang membaca dang mengoreksi tulisan anak yang rapi. Mata dan fikiran tidak akan lelah memperhatikan dan menafsirkan isi tulisan karena tulisan jelas-jelas sudah dapat dibaca dan dipahami maksudnya.

Kalau anda ingin memiliki anak yang mempunyai tulisan yang rapi, sedari dini bisa bisa dipersiapkan. Membuat anak yang memiliki tulisan rapi bisa diciptakan diawal tumbuhkembangnya. Bagi orangtua yang memiliki anak batita di rumah, saat inilah kesempatan emas bagi orangtua untuk mengasah kemampuannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mewujudkan keinginan tersebut :
  1.   Ajak anak bermain kelereng
     Anak usia satu tahun di ajak main kelereng? ah.. jangan kaget dulu. Yang perlu disediakan hanya beberapa butir kelereng dan sebuah toples yang mulutnya cukup untuk memasukkan tangan anak usia satu tahun. Lho kog.. gitu? Iya... bermain kelereng dengan anak usia satu tahun cukup dengan mengajaknya meminjit dan kemudian memasukkan kelereng ke dalam toples yang sudah disediakan. Apabila anak kesulitan memasukkan kelereng, jangan buru-buru dibantu, biarkan beberapa saat, si anak akan berusaha sampai kelereng bisa masuk ke dalam toples. Semakin sering anak diajak bermain seperti ini, kosentrasi anak akan lebih terlatih dan anak memiliki semangat pantang menyerah.  

2.  Berikan gunting pada anak batita

     Tujuan memberikan gunting pada anak batita disini bukanlah untuk membahayakan dirinya sendiri. Biasanya anak batita memang lagi senang-senangya dengan benda yang bernama gunting. Jika anak batita menemukan gunting apa saja akan diguntingnya, rambutnya sendiri, bulu matanya, atau bahkan seprai dan sarung bantal. Nah dari pada hobi ini dibiarkan untuk merusak benda-benda disekelilingnya, alangkah baiknya disalurkan untuk melatih perkembangan motorik halusnya. Beri anak beberapa lembar kertas yang akan di permaknya jadi potongan - potongan kecil seperti : Bunda, ayah, kakak, abang. semakin sering batita bermain gunting maka keluwesan tangannya akan terlatih. Kemudian untuk melatih daya imajinasi anak ajak dia menceritakan hasil guntingannya tadi.

3. Pinjami anak batita anda alat tulis 

    Saat kita menulis atau menggunakan alat tulis anak batita suka meminta alat tulis kita. Orang tua jangan pelit meminjamkan. Anak memiliki keinginan untuk menjadi sperti orang dewasa. Anak usia batita memang masanya untuk meniru. Mereka cenderung meniru orang - orang yang terdekat dengannya. Siapa itu? ya jelas harus orangtuanya... jangan Baby Sitter Donk. Biasanya batita meminjam alat tulis untuk dipakai pula menulis atau kegiatan apa yang sedang dilakukan orangtuanya. Ajari mereka memegang alat tulis dan mencoret-coret kertas yang disediakan, sekalius untuk melatih anak disiplin agar tidak menyalurkan hobi menulisnya pada dinding rumah dan membuka stand pameran seni pula.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan orangtua di rumah agar bisa melatih anak batitanya untuk memiliki tulisan yang rapi dan tidak terbebani dengan kegiatan menulis....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.